Skip to main content

PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH POLUSI AIR


PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH POLUSI AIR

                Polusi merupakan masalah besar yang akhir-akhir ini sempat membuat dunia panik. Ditambah lagi dengan isu akan terjadinya kiamat yang di picu oleh semakin naiknya suhu dari bumi. Tak hanya sampai disitu akhir-akhir ini juga beredar berita global warming, hal tersebut dapat dilihat dari panasnya suhu saat ini, mencairnya es kutub, hujan yang tak menentu, angin kencang, air laut naik, dan masih banyak lagi. Polusi air disini saya maksudkan sebagai polusi yang terjadi didalam air, polutan yang terdapat air sangatlah berbagi macam yang diantaranya : limbah industri, insektisida, Timbal (Pb), Merkuri (Hg), Kobalt (CO), dan masih banyak lagi yang lain. Selain polutan-polutan diatas dapat diketahui juga dengan melihat warna dari air, jika air berubah warna biasanya air telah tercemar oleh suatu zat yang menyebabkan warna air berubah dari warna normal (bening).
A.   Dampak Polusi Air Bagi Kesehatan Manusia
Polusi air sendiri dapat membahayakan kesehatan manusia, bahaya yang ditimbulkan adalah berupa penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh Polusi Air dibagi menjadi dua macam yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular.
1.      Penyakit Menular
Penyakit menular, sesuai namanya penyakit menular dapat menular dari orang satu ke orang yang lain. Berbagai macam penyakit menular dari polusi air disebabkan oleh beberapa hal, yakni: Virus yang terdapat dalam air yang tercemar, bakteri, protozoa, metazoa, dll. Selain penyebab dari luar seperti yang telah sebutkan tadi penyakit juga akan mudah menyerang tubuh jika kekebalan tubuh kita lemah, untuk itu kita harus berusaha menjaga kesehatan tubuh dan memakan makanan yang seimbang.
Secara umum, gangguan yang terjadi akibat pencemaran air dapat dikelompokkan menjadi empat sebagai berikut:
1)      Water diseases
Merupakan penyakit yang ditularkan langsung melalui air minum, seperti kolera, tifus, dan disentri.
2)      Water washed diseases
Merupakan penyakit yang berkaitan dengan kekurangan air hygiene perorangan, seperti scabies, infeksi kulit dan selaput lender, trachoma dan lepra.
3)      Water based diseases
Merupakan penyakit yang disebabkan oleh bibit penyakit yang sebagian siklus kehidupannya berhubungan dengan schistosomiasis.
4)      Water related vectors
Adalah penyakit yang ditularkan oleh vector penyakit yang sebagian atau seluruhnya perindukkannya berada di air, seperti malaria, demam berdarah dengue, dan filariasis.

Contoh beberapa penyakit menular yang dapat tersebar melalui air yang tercemar:
Jenis Mikroba
Penyakit
Gejala
Virus
Virus Hepatitis A



Virus Polio

Hepatitis A



Poliomyelitis

Demam, sakit kepala, sakit perut, kehilangan selera makan, pembengkakan hati sehingga tubuh menjadi kuning

Tenggorokan sakit, demam, diare, sakit pada tungkai dan punggung, kelumpuhan dan kemunduran fungsi otot
Bakteri
Vibrio Cholerae



Escherichia coli
(strain patogen)


Salmonella typhi


Shigella dysentriae

Kolera



Diare



Tifus


Disentri

Diare yang sangat parah, muntah-muntah, kehilangan cairan sangat banyak sehingga menyebabkan kejang dan lemas

Buang air besar berkali-kali dalam sehari, kotoran encer (mengandung banyak air), terkadang diikuti rasa mulas atau sakit perut

Sakit kepala, demam, diare, muntah-muntah, peradangan dan pendarahan usus.

Infeksi usus besar, diare, kotoran mengandung lendir dan darah, sakit perut
Protozoa
Entamoeba histolytica

Balantidium coli

Giardia lamblia

Disentri amuba

Balantidiasis

Giardiasis

(sama seperti disentri oleh bakteri)

Peradangan usus, diare berdarah

Diare, sakit perut, terbentuk gas dalam perut, bersendawa, kelelahan
Metazoa
(cacing parasit)
Ascaris lumbricoides
(cacing gelang)

Taenia saginata
(cacing pita)

Schistosoma sp.
(cacing pipih)


Ascariasis


Taeniasis


schistosomiasis


Demam, sakit perut yang parah, malabsorbsi, muntah-muntah, kelelahan

Gangguan pencernaan, rasa mual, kehilangan berat badan, rasa gatal di anus

Gangguan pada hati dan kantung kemih sehingga terdapat darah dalam urin, diare, tubuh lemas, sakit perut yang terjadi berulang-ulang.

2.      Penyakit Tidak Menular
Penyakit menular, dari namanya dapat diambil kesimpulan bahwa penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang tidak dapat menular dari orang satu ke orang lain. Banyak hal yang menyebabkan penyakit tidak menular menyerang manusia, diantaranya adalah kandungan yang terdapat didalam air yang tercemar. Kandungan air tercemar yang berpotensi menyebabkan penyakit tidak menular kepada manusia diantaranya:
1)      Kadnium
Kadnium adalah logam berat yang banyak digunakan pada industri  pipa PVC, pembuatan karet, dan pabrik kaca.
Apbila Kadnium  terserap tubuh manusia dapat mengakibatkan ganguan pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan dapat menyebabkan gagal jantung. Serta mengakibatkan kerusakan pada organ ginjal dan hati, pelunakan tulang sehingga tulang-tulang punggung terasa nyeri.
2)      Kobalt
Logam kobalt banyak digunakan dalam industri sebagai bahan campuran untuk pembuatan mesin pesawat, magnt, alat pemotong atau penggiling, serta untuk pewarna kaca, keramik, dan cat.
Apabila  tubuh manusia menerima Kadnium dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gagal jantung dan edema (pembengkakan jaringan akibat akumulasi cairan dalam sel).
3)      Merkuri
Merkuri banyak digunakan dalam proses industri pembuatan klorin, juga terdapat pada baterai, cat, plastik, termometer, lampu tabung, kosmetik dan hasil pembakaran batu bara. Tubuh manusia menerima merkuri terutama dari konsumsi hewan-hewan air yang telah tercemar merkuri.
 Efek merkuri, pada wanita hamil dapat menyebabkan janin menjadi cacat mental.  Tubuh yang terpapar merkuri dalam jangka waktu lama dapat mengalami kerusaka ginjal, saraf dan jantung.  Pada konsentrasi rendah merkuri dapat menimbulkan sakit kepala, depresi, dan perubahan perilaku.
4)      Timbal
Pencemaran air oleh logam Timbal dapat berasal dari berbagai sumber, seperti : rembesan dari sampah kaleng yang mengandung timbal, cat yang mengandung timbal, bahan bakar bertimbal, pestisida, korosi pipa-pipa yang mengandung timbal.
Adapun efek yang ditimbulkan Logam Timbal bagi tubuh manusia seperti:
Pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan kematian janin. Pada anak-anak dapat menyebabkan cacat mental dan gangguan fisik. Pada orang dewasa meningkatkan resiko terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).
5)      dan lain sebagainya.
Sama halnya dengan penyakit menular yang dijelaskan diatas, penyakit tidak menular tidak akan menyerang tubuh kita jika kita menjaga kesehatan dan kebersiahn serta selalu menjaga agar kekebalan tubuh dalam kondisi terbaik dengan cara istirahat yang cukup dan makan makanan yang seimbang.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan dalam Metode : Naratif, Deskritif, Ekspositoris, Argumentatif, Persuatif

Contoh Laporan dalam Metode : Naratif, Deskritif, Ekspositoris, Argumentatif, Persuatif Naratif Pagi itu cuaca sangat cerah dan langit terlihat indah. Aku berangkat ke sekolah dengan mengendarai sepeda kesayanganku. Kira-kira 200 (dua ratus) meter dari rumah, aku berjumpah dengan temanku Tono. Kami pun bersama-sama berangkat ke sekolah, dengan sepeda masing-masing. Sesampainya di sekolah, kami masuk ke ruangan kelas dan mengikuti proses belajar mengajar sampai selesai. Ting, ting, ting, ting, bel pulang pun berbunyi. Aku dan Tono keluar dari rauang kelas dan langsung menuju tempat parkir untuk mengambil sepeda. Ketika sampai di pintu gerbang sekolah, Tono melihat seorang wanita yang bodynya bagaikan Gitar Spanyol. VIn, vin, Calvin lihat tu Cewek, body Nya bagaikan Gitar Spanyol, pasti tu Cewek cantik. Ah yang bener! Mana-mana, jawabku kepadanya. Lihat arah sana, coba oerhatikan cewek yang berbaju kuning itu, katanya kepadaku. Kemudian kami pelahan-lahan mendekat d

Jenis-Jenis Peta Untuk Kebutuhan Perencanaan Wilayah dan Kota

JENIS – JENIS PETA UNTUK KEBUTUHAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA Mengenali jenis-jenis peta dalam PWK   Oleh : Calvin Sozanolo Telaumbanua (14109003)       Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Institut Teknologi Medan Kata Pengantar   Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan berkatnya yang telah Ia berikan Kepada kita. Sehingga Makalah ini dapat terselesaikan tanpa ada hambatan dan masalah yang berarti. Dengan di susun nya makalah ini, Saya berharap teman-teman yang berada di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) lebih mengenal Jenis-jenis peta yang akan di gunakan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah. Ya, tentu saja Saya berharap Makalah ini dapat berguna bagi teman-teman yang membutuhkannya. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu diharapkan